Cara Memilih Ayam Bangkok Unggul

Written By Lingkar Dunia on Sunday, October 3, 2010 | 9:50 AM

Cara Memilih Ayam Bangkok Unggul - Memilih Ayam Bangkok dengan kualitas terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan,Seekor ayam petarung yang baik biasanya memiliki simpanan pukulan Bagi para penghobi breeding ayam bangkok, memahami  tips cara memilih indukan baik jago maupun indukan betina tentu harus ekstra hati-hati, sebab calon indukan yang jelek tentu akan menghasilkan keturunan yang kurang bagus begitu juga sebaliknya indukan ayam yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik pula nantinya (Ciri-ciri induk betina yang bagus salah satunya adalah Kepala seperti kepala ular,kalau dilihat dari depan)

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus, Ayam bangkok ideal adalah Ayam bangkok yang memenuhi syarat seperti yang bisa anda baca disini , Sebagian orang beranggapan, bahwa ayam yg punya teknik bagus, nge-'lock' kiri kanan, dianggap ayam bagus . untuk mencetak bibit-bibit ayam bangkok yang unggul salah satu kriterianya adalah paling tidak ayam tersebut aktif ,nafsu makan bagus, dan tidak penakut

Untuk memilih calon indukan yang bagus selain pejantan yang baik sang betina juga harus memiliki ciri sebagai indukan yang baik Dalam perindukan ayam aduan, dikenal dua jenis babon istimewa yaitu babon unggul dan babon cetak.

Babon unggul adalah babon pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, struktur tulang yang bagus, bentuk badan ideal (seperti botol) dan menunjukkan teknik bertarung yang baik. Babon ini juga harus memiliki sifat dominan pada keturunan, sehingga anak-anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan induknya. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari bapaknya. Babon unggul biasanya berasal dari galur murni.

Babon cetak adalah babon yang punya kecenderungan resesif dalam keturunan. Anak yang dihasilkan akan cenderung mirip dengan bapaknya. Seekor babon cetak yang baik, harus menghasilkan anak yang jelek ketika jagonya jelek. Sebaliknya harus menghasilkan anak bagus ketika jagonya bagus. Jika babon cetak dikawinkan dengan jago jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan harganya turun.

0 comments:

Post a Comment