Inilah 4 Penyebab Kecelakaan Maut Cisarua

Written By Lingkar Dunia on Saturday, February 11, 2012 | 7:12 AM

Jakarta - Ada empat penyebab dugaan kecelakaan maut di Cisarua, Bogor, Jawa Barat yang menelan 14 korban jiwa.


Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang turun ke lokasi kejadian Sabtu (11/2/2012) menuturkan dari pemeriksaan di lokasi kejadian ada beberapa penyebab yang diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan terburuk di tahun 2012 ini.

Penyebab pertama adalah kondisi teknis rem bis yang tidak berfungsi, kemudian faktor jalan yang menurun, lalu ketiga kondisi jalan yang licin karena saat kejadian terjadi hujan, dan terakhir adalah lebar jalan yang sempit.

Ketua KNKT, Marsekal Muda TNI Tatang Kurniadi mengatakan melihat kondisi di TKP terlihat tidak ada bekas pengereman dari bis Karunia Bakti.

"Terindikasi tidak ada bekas pengereman maksimal di lokasi. Ini menunjukan kemungkinan besar rem bis tidak berfungsi dengan baik. Tetapi kita akan mengaitkan penemuan ini dengan kerusakan yang terjadi, sehingga nanti bisa diambil kesimpulan penyebab kecelakaan ini," tuturnya.

Terkait faktor pengemudi sendiri, Tatang mengatakan akan dilakukan pemeriksaan dengan meminta keterangan dari sopir bis. Dari keterangan sopir ini akan di cros cek dengan kondisi dilapangan. "Bisa juga konsentrasi sopir yang kurang menyebabkan sopir tidak bisa mengendalikan bisnya."

Rating: 4

0 comments:

Post a Comment