Fakta Unik Tentang Nyi Roro Kidul

Written By Lingkar Dunia on Friday, July 29, 2011 | 2:26 AM

Kumpulan Fakta-fakta Unik Tentang Nyi Roro Kidul atau ratu pantai selatan - Kisah Legenda Nyi Roro Kidul memang sudah melekat sejak dahulu terlebih bagi masyarakat dipesisir pantai selatan jawa.hingga saat ini kisah-kisah tentang legenda ratu pantai selatan tersebut memang masih menyisakan berbagai kontroversi dan juga misteri,sebagian orang mungkin tidak percaya tetapi bagi sebagian masyarakat dipesisir pantai selatan pulau jawa banyak yang meyakini bahwa sosok tersebut ada dan bahkan ada juga yang beranggapan adanya kerajaan jin yang dipimpin olehnya..
Nyi Roro Kidul
 berikut adalah fakta-fakta unik tentang ratu pantai selatan atau yang lebih dikenal dengan Nyi Roro Kidul
"Istri spiritual" bagi Raja-raja Mataram
Ratu Laut Selatan adalah tokoh legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat penghuni Pulau Jawa dan Bali. Kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa (Samudera Hindia) dikenal terutama oleh suku Sunda dan suku Jawa. Orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan ini.Kalangan masyarakat Sunda menganggap bahwa Ratu Laut Selatan, dikenal sebagai Ratu Kidul, merupakan titisan dari seorang putri Pajajaran yang bunuh diri di laut selatan karena diusir oleh keluarganya. Alasan pengusiran adalah karena ia menderita penyakit yang membuat anggota keluarga lainnya malu. namun demikian Tidak diketahui dengan pasti sejak kapan legenda ini dikenal. Namun demikian, legenda mengenai penguasa mistik pantai selatan mencapai tingkat tertinggi pada keyakinan yang dikenal di kalangan penguasa kraton dinasti Mataram (Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta) bahwa penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul,adalah merupakan "istri spiritual" bagi raja-raja di kedua kraton tersebut.
Raja yang pertama menyunting Ratu Kidul
Panembahan Senapati adalah orang pertama yang disebut sebagai raja yang menyunting Sang Ratu Kidul. Dari kepercayaan ini diciptakan Tari Bedaya Ketawang dari kraton Kasunanan Surakarta (pada masa Sunan Pakubuwana I), yang digelar setiap tahun, yang dipercaya sebagai persembahan kepada Kanjeng Ratu Kidul.(Naskah tertua yang menyebut-nyebut tentang tokoh mistik ini adalah Babad Tanah Jawi)
Larangan berpakaian hijau
Peringatan selalu diberikan kepada orang yang hendak berkunjung ke pantai selatan khusunya pantai Parangtritis dan Parangkusumo untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau. sebab menurut beberapa mitos yang beredar Mereka bisa menjadi sasaran Nyai Rara Kidul untuk dijadikan sebagai tentara atau pelayannya.
Kamar 327 dan 2401
Pemilik hotel yang berada di kawasan pantai selatan Jawa dan Bali biasanya akan menyediakan ruang khusus bagi Sang Ratu pantai selatan. Yang paling terkenal adalah Kamar no.327 dan no.2401 di Hotel Grand Bali Beach. sebuah fakta unik pernah terjadi Kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar pada saat peristiwa kebakaran besar Januari 1993. Setelah pemugaran, Kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi hiasan ruangan dengan warna hijau, diberi suguhan (sesaji) setiap hari, namun tidak untuk dihuni dan khusus dipersembahkan bagi Ratu Kidul.
Hal yang sama juga dilakukan di Hotel Samudra Beach di Pelabuhan Ratu. Kamar 308 direservasi khusus bagi Ratu Kidul. Di dalam ruangan ini terpajang beberapa lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya pelukis Basoeki Abdullah.
Hotel Queen of The South di dekat Parangtritis mereservasi Kamar 33 bagi Sang Kanjeng Ratu Pantai Selatan.


0 comments:

Post a Comment