KHASIAT JAHE

Written By Lingkar Dunia on Saturday, October 23, 2010 | 11:50 PM

KHASIAT JAHE ,,Di balik rasanya yang pedas, jahe mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh kita. Tak heran bila sejak lama jahe begitu dikenal.. untuk menyiasati rasa pedas jahe berbagai carapun banyak dikembangkan,,salah satunya adalah dengan membuat minuman dari bahan baku jahe(wedang jahe), permen jahe, atau bandrek (minuman yang mengandung jahe). Jahe juga banyak digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan atau kue.
berdasarkan berbagai penelitian jahe terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita,diantaranya adalah

Merangsang pelepasan hormon adrenalin, yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantung dalam memompa darah akan menjadi lebih ringan. Akibatnya, tekanan darah menjadi turun.

Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting bagi tubuh. diantaranya, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh dalam mencerna dan menyerap sari-sari makanan.

Jahe juga mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen utamanya adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah/ mencegah
tersumbatnya pembuluh darah,sehingga dapat mengurangi gejala stroke, dan serangan jantung. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Memblok serotonin, yaitu senyawa kimia pembawa pesan. Senyawa ini menyebabkan perut berkontraksi, sehigga timbul rasa mual. Misalnya pada orang yang mengalami mabuk perjalanan. Jadi, untuk mencegah mabuk perjalanan, ada baiknya minum wedang jahe sebelum bepergian. Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang 1 ruas jari, masukkan dalam satu gelas air panas. Beri madu secukupnya, lalu minum. Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk, atau kalau tahan, makan dua kerat jahe mentah.

Memberikan rasa nyaman pada lambung, dan membantu meredakan masuk angin.,meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Mengatasi pilek dan flu. Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Jahe juga merupakan pereda rasa sakit yang alami salah satunya adalah dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren.

itulah diantaranya khasiat dari tanaman jahe... dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari jahe yang belum kita ketahui.

infoinfo unik: khasiat jahe,manfaat jahe,herbal
http://info-infounik.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment